Awal Tahun Baru lengkap dengan sejuta semangat baru yang bisa jadi deretan resolusi. Sebenarnya tak perlu sejuta semangat baru apalagi deretan resolusi baru, jika ujung-ujungnya hanya tinggal wacana saja. Jurus Hidup Sehat?

Bagaimana jika kamu memulainya dengan langkah-langkah simpel tapi penting, seperti Jurus-Jurus Bagaimana Hidup Sehat?

Ya, 2020 yang menjadi tahun penuh perjuangan hidup karena pandemi Covid-19 lalu, mengajarkan betapa pentingnya Hidup Sehat.

Selain kebersihan, kita dituntut untuk intens makan menu gizi seimbang, banyak gerak atau olahraga dan selalu positive thinking (tidak stres!).

Di 2021 ini, tentu saja ‘Jangan Kasih Kendor’!

Biar tak kendor, dr. Putri Adimukti, M.Kes., M.Farm., Sp.GK., memberikan deretan Jurus Hidup Sehat 2021 ini:

 

1. Ingat selalu protokol kesehatan, tetap jalankan 3M, karena VIRUS TIDAK PERNAH LIBUR

Pakai masker, jaga jarak, & cuci tangan. Hindari kerumunan. Jika memang harus berkumpul dengan keluarga, melepas rindu, upayakan tidak terlalu banyak keluarga yang berkumpul, tidak lebih dari tiga keluarga.

Acaranya juga tidak berlama-lama, sekadar melepas rindu, tidak lebih dari dua jam dan upayakan outdoor. Hindari acara yang sekiranya bisa memicu droplet seperti bernyanyi-nyanyi atau berbicara keras-keras.

Ingatlah: yang terbaik adalah tetap berada di rumah!

 

2. Buat rencana seru selama di rumah bareng keluarga

Buatlah deretan aktifitas menarik selama di rumah, agar tidak membosankan. Terutama untuk kamu yang WFH.

Libatkan seluruh anggota keluarga dan bagilah tugas dengan baik, siapa yang berbelanja, yang menyiapkan makanan utama, snacks, menyajikan serta merapikannya.

Misalnya: pilihan permainan seru, mendekorasi rumah, membersihkan & menata perabotan, sehingga perhatian anggota keluarga selama berada di rumah tidak melulu tentang makanan.

 

3. Pastikan Perut Terisi Jika Berkunjung

Ya, jika akhirnya harus keluar rumah – ingin mengunjungi kerabat terdekat, bawakan makanan atau masakan sehat yang dibuat sendiri.

Pastikan diri sudah sarapan dan tidak lapar saat mengunjungi keluarga tersebut!

 

Yuk, baca juga Saatnya Peduli Kesehatan Mental Diri Selama WFH

 

4. Pilih makanan yang tersedia di atas meja dengan bijaksana

Hidup Sehat tak akan tercapai jika menu makanan kembali lagi ke gorengan. Pilih makanan yang kamu sukai TANPA BERLEBIHAN namun tetap imbangi dengan pilihan makanan-makanan yang sehat.

Batasi makanan dengan kalori tinggi, tinggi gula dan garam (terlalu manis/terlalu asin), dan tinggi lemak jenuh.

Jangan lupakan buah, sayur, dan air putih!

 

5. Makanlah dengan perlahan dan nikmati setiap suapan

Tahukah kamu, bahwa sinyal rasa kenyang memerlukan waktu untuk beberapa menit agar bisa sampai di otak kita.

Oleh karena itu, jangan terburu-buru ingin menambah makanan, ambil waktu beberapa saat.

Tubuh mungkin menyadari kalau dirinya hanya membutuhkan sedikit saja tambahan porsi kedua makanan, atau bahkan tidak sama sekali!

 

Baca juga Pemulihan Kondisi Tubuh via Layanan Rehabilitasi Medik

 

6. Jangan lupa untuk tetap olahraga selama liburan di rumah

Yang termudah adalah kita bisa berjalan-jalan di dalam atau halaman rumah sehabis makan.

Berjalan 15-20 menit setelah makan bisa membantu pencernaan bekerja dengan baik dan membantu menstabilkan gula darah.

 

Jadi, selepas 2020 bukan berarti jadi melupakan apa yang telah lewat. Justru yang telah lewat menjadi pijakan agar diri lebih disiplin dan mawas diri saat menjaga kesehatan tubuh (makan makanan bergizi, berolahraga dan jangan stres!) dan kebersihan diri.

Semangat Hidup Sehat 2021!

 

 

*Artikel oleh dr. Putri Adimukti, M.Kes. M.Farm, Sp.GK

 

 

 

Jika kamu ingin berkonsultasi seputar gizi dan pola hidup sehat, dr. Putri akan melayani pada jadwal praktek, berikut ini:

Senin – By Appointment

Selasa – 14.00 – 18.00

Rabu – 14.00 – 18.00

Kamis – 14.00-18.00

Jumat – 14.00 – 18.00

Sabtu – By Appointment

 

Contact Us: 0811 1589 911 – (021) 578 53 911

admission.mtsj@rsmurniteguh.com

 

 

 

Yuk, Make Tomorrow Healthier!

Leave a reply