Ada ungkapan mengenai proses pemulihan atau rehabilitasi medik,”Rest is not the answer. Activity and therapy help healing most” – demikian kata Joerg Teichmann. Ya, ini dia Layanan Rehabilitasi Medik!

 

Proses pemulihan memang identik dengan mereka yang baru saja mengalami perawatan akan penyakit atau kondisi tertentu.

Hal itu bisa dimengerti, mengingat jika seseorang pernah cedera atau sempat dirawat, orang tersebut mungkin tidak langsung pulih dan mampu beraktifitas.

Bisa dipastikan mereka masih merasakan sisa-sisa kondisi selama dirawat seperti rasa lemas, atau mungkin setelah keseleo seseorang – seperti atlet, tidak bisa langsung lari berolahraga seperti sebelumnya.

Kondisi tersebut terbilang sebagai transisi antara masa perawatan selama sakit hingga ke sembuh. Masa transisi menjadi masa pemulihan dimana treatment (layanan) fisioterapi dan rehabilitasi berperan.

Rehabilitasi adalah proses pemulihan yang dilakukan untuk mereka yang baru saja menderita sakit atau mengalami cedera agar terhindar dari risiko cacat fisik akibat cedera atau penyakit. Terapi ini dilakukan dengan cara latihan fisik, terapi manual, serta pemberian edukasi dan saran pengobatan.

Untuk menjawab kebutuhan masyarakat, terutama para pasien, Rumah Sakit Murni Teguh Sudirman Jakarta memiliki layanan rehabilitasi medik tersendiri.

Dalam hal ini, dr. Kaleb Tjindarbumi, Sp.KFR. bertugas sebagai Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, siap untuk melayani dalam menjalani proses pemulihan pasien dan mereka yang membutuhkan.

Semua berawal dari hati.

Saat dr. Kaleb yang saat itu menjalani praktek sebagai dokter umum, ia tergerak karena banyak melihat pasien yang tinggal di rumah saja – setelah mengalami penyakit tertentu.

“Saya melihat kualitas hidup mereka berkurang secara drastis. Padahal kalau mereka melakukan latihan, mereka bisa kembali beraktifitas seperti sediakala, dan tentu menjadi produktif,” demikian dr. Kaleb.

Sebagai dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, dr. Kaleb menjalankan perannya sebagai perancang program-program pemulihan para pasien.

Program pemulihan tersebut dilaksanakan dengan bekerja sama dengan terapis dan peran aktif pasien.

Jadi, jika tubuh kamu mengalami nyeri akibat otot atau sendi atau penjepitan saraf, pemulihan fisik paska operasi, pemulihan paska strok, cedera saraf tulang belakang, jantung koroner, gagal jantung, sindroma dekondisi, dan lain-lain, ini saatnya kamu menjalani proses pemulihan via layanan rehabilitasi medik kami.

 

 

 

Wawancara dengan dr. Kaleb Tjindarbumi, Sp.KFR.

 

dr. Kaleb Tjindarbumi, Sp.KFR membuka layanan rehabilitasi medik di RS Murni Teguh – Sudirman Jakarta

Jadwal Praktek:

Senin 17.00-19.00

Rabu 17.00-19.00

Jumat 17.00-19.00

Silahkan menghubungi 0811 1589 911 – (021) 578 53 911

Leave a reply